Toyota AE86 Bermesin Honda S2000

Sebuah mobil Toyota AE86 akan selalu menjadi bahan untuk seorang modifikator atau menuangkan ide-ide modifikasinya. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi hampir diseluruh belahan dunia melakukan hal yang sama.

Toyota AE86 Bermesin Honda S2000


Walau mobil ini tahun 1980-an, Namun mobil tersebut sangat mudah dan sangat mampu untuk dilakukan modifikasi. Banyak aliran yang bisa diaplikasikan pada mobil tersebut bahkan aliran dengan tambahan bodykit hingga swap engine.

Seorang car enthusiast yakni Ka Wong memiliki sebuah Toyota Corolla AE86 tahun 1985. Ka Wong pun melakukan hal yang sama, Ia memodifikasi Toyota AE86 miliknya. Proyek besar ini dilakukan hampir pada keseluruhan aspek yang ada di mobilnya.

Tampilan Toyota AE86 Bermesin Honda S2000


Menariknya, ia melakukan sesuatu hal yang tidak biasa dilakukan oleh pemilik Toyota Corolla AE86, terutama saat melakukan penggantian mesin. Jika biasanya, seorang pemilik Toyota AE86 mengganti mesinnya dengan mesin lain bawaan Toyota seperti 4AGE Black Top, 3S-Beams, 2JZ-GTE dan masih banyak lagi. Tapi karena Ka Wong terinspirasi dari AE86 milik Keiichi Tsuchiya, ia pun menyematkan mesin Honda S2000 dengan kode F20C pada mobilnya seperti milik sang raja drift Jepang tersebut.

Mesin F20C tersebut dikawinkan dengan sebuah turbocharger dari HKS dengan tipe 3037 lengkap dengan wastegate GT2. Intake manifold yang menghubungan antara turbo dan juga mesin dibikin langsung menyesuaikan penempatan turbo oleh JSP. Tidak hanya itu saja piping intercooler pun dibikin custom oleh John Russakoff pemilik dari JSP.

Mesin F20C Honda s2000

Toyota AE86 dengan Mesin F20C Honda s2000


Tentunya suplai bahan bakar pun ikut ditingkatkan agar pada saat pembakaran terjadi, bbm bisa disuplai dengan baik. Wong menggunakan fuel pump dari Walbro 255lph serta injektor RC 150 cc. Dengan seluruh perpaduan tersebut mobil ini memiliki tenaga sebesar 470 hp.

Ubahan yang dilakukan tidak hanya sampai disitu saja tapi bagian body pun ikut mendapatkan ubahan dengan tambahan di bagian bagian fender depan yang sedikit dilebarkan dengan ventilasi di bagian belakangnya. Selain itu terdapat juga side skirt yang menggunakan material serat karbon. Bagian bemper depan pun didesain ulang dengan tambahan lips serat karbon lengkap dengan kap mesin pun diganti dengan material serat karbon yang telah diberi ventilasi dari Auto Explosion.

Tampak belakang toyota AE86 bermesin honda s2000


Di bagian belakang bagian fender masih menggunakan standar tanpa ada ubahan. Meski desain fender depan yang telah dimodifikasi tersebut dengan belakang masih standar, tampilannya masih terlihat sama. Tepat di bagian bagasi terdapat sayap dari TRD.

Bicara soal kaki-kaki, tentunya ubahan telah dilakukan yang kini menggunakan coilover dari GReddy Type S. Sedangkan bagian velg menggunakan Volk Racing TE37V dengan ukuran 15 inci lebar 9-9,5. Velg tersebut dibalut dengan ban Yokohama A048.

Setir Nardi Deep Corn


Bergeser ke bagian interior terdapat dua buah bucket seat dari Bride dengan tipe Vorga. Bagian stir pun menggunakan Nardi dengan tipe Deep Corn. Sedangkan bagian perseneling  menggunakan J's Racing berbahan titanium.