Tips Perawatan Mobil Klasik Agar Tetap Mulus

Tips Perawatan Mobil Klasik Agar Tetap Mulus
Tips Perawatan Mobil Klasik Agar Tetap Mulus

Mobil klasik memang suatu hal yang menarik untuk dikoleksi. Nilai jual beli yang cukup tinggi pun menjadi poin penting bagi kolektor mobil klasik. Nilai jual yang tinggi juga berbanding lurus dengan biaya perawatannya.

Perawatan mobil klasik tentunya berbeda dengan jenis kendaraan modern yang ada saat ini. Nah, agar mobil klasik milik Anda tetap tampil gagah dan mewah meski dimakan usia, coba ikuti tips berikut ini.

Pemeriksaan Rutin Suku Cadang Mesin Mobil

Karena mobil mempunyai sistem kelistrikan yang cukup rumit, maka sangat penting untuk selalu merawat dan memperhatikannya.

Ada baiknya untuk rutin melakukan tune up karena mobil klasik sangat rawan mogok dan mogok di tengah jalan. Jika Anda merasa ada komponen yang perlu diganti, maka segeralah lakukan penggantian komponen tersebut.

Ganti Oli Rutin

Agar performa mesin mobil klasik Anda tetap maksimal, pastikan untuk rutin mengganti oli. Karena rata-rata usia mobil klasik sudah di atas 10 bahkan 20 tahun, maka mobil klasik membutuhkan asupan oli yang ekstra.

Jika tidak rutin mengganti oli, mesin mobil klasik akan semakin rusak. Salah satu tips penting yang bisa diterapkan adalah mengganti oli mesin setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi pada mesin mobil dapat ditekan sehingga performa mobil tetap optimal.

Lalu, jangan lupa memperhatikan jenis oli yang akan dipilih. Pastikan memilih oli dengan tingkat kekentalan antara SAE 10 hingga 40 W atau 15 hingga 40 W untuk perlindungan mobil yang maksimal.

Isi dengan Bahan Bakar yang Sesuai

Anda juga perlu memperhatikan jenis bahan bakar yang digunakan. Pasalnya, setiap mobil memiliki spesifikasi bahan bakarnya masing-masing. Jangan menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah karena hanya akan merusak mesin mobil.

Ada baiknya mengisi bahan bakar secara rutin agar tangki tidak mudah berkarat dan keropos. Pastikan juga mobil selalu terisi bensin meski mobil jarang digunakan.

Perhatikan kondisi kabel mobil

Komponen lain yang wajib Anda rawat adalah kabel dari mobil klasik. Kabel mobil yang terkelupas umumnya dapat menyebabkan korsleting. Mobil juga bisa berisiko terbakar. Jika tidak terlalu diperhatikan, kabel mobil bisa berdampak buruk pada mobil.

Periksa Roda, Ban, Pelek, dan Komponen Mobil Lainnya 

Selain kabel mobil, jangan abaikan komponen lain pada mobil klasik Anda. Mulai dari ban, velg dan lain sebagainya. Jika Anda tidak berniat menggunakan mobil dalam waktu lama, maka coba lepas seluruh bannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya karat pada ban mobil.

Tak hanya ban, Anda juga perlu rutin mengecek kondisi pelek mobil. Jika bentuk pelek berubah seperti penyok atau berkarat, harap segera diganti untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Lalu, kondisi kaki-kaki mobil juga harus dalam kondisi baik, terutama pada bagian tie rod, ball joint, suspensi, stabilizer, dan bushing arm . 

Jika pada mobil klasik terdapat komponen yang rusak parah, maka Anda harus menyiapkan anggaran yang besar untuk menggantinya.

Selain biaya perawatan mobil klasik yang memerlukan penanganan khusus dari mobil modern, komponen mobil klasik juga cukup langka di pasaran sehingga harganya tentu akan sangat mahal.

Oleh karena itu, manfaatkan pinjaman dana cepat untuk menutupi seluruh biaya perawatan dan perbaikan mobil klasik yang Anda miliki.

Cuci Bersih Secara Teratur

Jangan anggap remeh debu dan kotoran yang menempel pada mobil klasik Anda. Jika debu dan kotoran terus dibiarkan maka dapat merusak cat dan mesin mobil. Bersihkan mobil secara rutin dengan pembersih yang diformulasikan khusus.

Jika Anda tidak sempat melakukannya sendiri, tak ada salahnya Anda membawanya ke salon spesialis mobil klasik.

Ciptakan Garasi yang Aman dan Nyaman

Akan lebih baik lagi jika Anda menyiapkan garasi khusus untuk mobil klasik. Beberapa kolektor mobil menyarankan untuk meletakkan mobilnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Pasalnya sinar matahari langsung dapat merusak lapisan mobil klasik. Hal ini tentu akan menurunkan nilai sejarah mobil klasik tersebut.

Selain itu, perawatan mobil klasik juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cover mobil . Tips ini cukup ampuh menjaga mobil dari debu hingga paparan sinar matahari langsung